Health Lifestyle

Apa itu prenatal yoga?

prenatal-yoga.jpg
(hellosehat.com)

Prenatal yoga atau yoga hamil adalah jenis yoga yang memang khusus didesain untuk masa kehamilan. Jenis yoga ini bisa membantu calon ibu secara fisik dan mental. Biasanya, prenatal yoga atau yoga hamil fokus melatih pernapasan, latihan untuk area pinggul, dan pose-pose restorasi yang bermanfaat untuk mengembalikan energi di kala merasa lelah akibat perubahan hormonal dalam tubuh.

Seperti dikatakan Dian Sonnerstedt, instruktur yoga profesional di@Yoga42 Senayan-Jakarta pada portal hellosehat.com, Bagi Anda yang sedang hamil, rutin berlatih jenis yoga ini akan membuat Anda merasa lebih kuat, tetap aktif selama kehamilan, dan bermanfaat bagi jabang bayi.

Kapan sebaiknya ibu hamil memulai prenatal yoga?

Sebenarnya Anda bisa berlatih prenatal yoga dari sejak Anda tahu bahwa Anda hamil, apalagi kalau sebelum kehamilan Anda sudah rutin berolahraga atau berlatih yoga. Namun sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda, karena sebagian besar dokter baru memberikan lampu hijau pada wanita hamil untuk mulai berolahraga di trimester kedua, yaitu setelah usia kehamilan di atas 12 minggu, di mana biasanya morning sickness tak lagi Anda rasakan sehingga Anda bisa kembali aktif tanpa halangan.

Di mana sebaiknya ibu hamil berlatih prenatal yoga?

Datang khusus ke studio yoga ataupun berlatih di rumah, sama baiknya. Namun untuk kali pertama, sangat disarankan Anda datang dulu ke studio yoga untuk mengenali gerakan-gerakan yoga yang tepat untuk kondisi kehamilan Anda, lalu kemudian bisa dilanjutkan dengan berlatih sendiri di rumah.

Bila Anda belum pernah sama sekali melakukan yoga, mengunjungi studio yoga untuk memulai prenatal yoga rasanya lebih tepat. Bagi Anda yang sudah terbiasa berlatih yoga secara rutin sejak sebelum hamil pun, sering kali dalam kondisi hamil beberapa postur yoga non-prenatal kurang tepat untuk Anda lakukan. Atau mungkin Anda merasa khawatir apakah jenis yoga yang Anda biasa lakukan aman atau tidak bagi kehamilan Anda.

Berlatih di studio yoga juga memberikan keuntungan lebih karena Anda bisa bertemu dan berkenalan dengan partisipan lain, sekaligus bertukar info seputar kehamilan. Bila Anda ingin berlatih di rumah, Anda bisa mencari video-video yoga hamil secara online atau mungkin menerapkan beberapa postur dari kelas prenatal yoga yang Anda ikuti sebelumnya.

Seberapa sering sebaiknya prenatal yoga dilakukan oleh ibu hamil?

Anda bisa berlatih 1-2 kali seminggu di studio yoga, di mana biasanya durasi setiap sesi adalah 60-75 menit. Atau, bila Anda berlatih di rumah, Anda bisa berlatih setiap hari selama 30 menit secara rutin, mungkin dimulai dengan melatih teknik pernapasan 15 menit dan pose-pose yoga yang berfokus pada area pinggul, lengan, dan stretching selama 15 menit. Prenatal yoga juga bisa dikombinasikan dengan olahraga lain seperti berenang dan jalan kaki untuk selalu aktif dan sehat selama masa kehamilan.