Health Lifestyle

Benda-benda ini dapat maksimalkan latihan yoga dirumah

latihan-yoga-di-rumah.jpg

Tak ada salahnya jika Anda ingin memulai berlatih yoga sendiri di rumah sembari meningkatkan kualitas yoga dan self-practice Anda. Karena Yoga adalah olahraga yang sangat praktis dan tidak membutuhkan peralatan yang rumit.

Kira-kira apa saja ya, benda-benda yang bisa menjadi pendukung latihan sehingga latihan Anda di rumah semakin maksimal?

Berikut pemaparan Dian Sonnerstedt yang dilansir hellosehat.com

1. Matras yoga (yoga mat)
Saat berlatih di studio, biasanya Anda tinggal datang dan bisa memakai matras yang sudah disiapkan dalam ruang kelas. Namun bila Anda berlatih sendiri di rumah, maka matras yoga adalah peralatan utama yang wajib Anda punya, karena berlatih yoga akan lebih nyaman dan aman bila menggunakan matras yang berkualitas baik.

Saat Anda akan membeli matras yoga, pastikan Anda memperhatikan ketebalan matras, tidak terlalu tipis kecuali jika Anda pikir akan membawa matras saat bepergian. Biasanya ketebalan 5mm ke atas baik untuk digunakan sehari-hari. Untuk matras yang bisa digunakan atau dibawa bepergian, ketebalan 3mm adalah yang paling tepat dan ringan.

Selain ketebalan, bahan dasar matras juga perlu diperhatikan. Pastikan bahan matras mudah menyerap keringat, tidak licin, dan kuat karena saat Anda mulai berlatih rutin di rumah maka matras tersebut akan sering Anda pakai. Tentunya Anda ingin membeli mat yang tahan lama sehingga tak perlu sering membeli matras berulang kali.

Bila Anda rasa harganya cukup mahal, bayangkan bahwa matras tersebut bisa Anda gunakan lebih dari 5 tahun, setidaknya begitulah pengalaman saya dengan matras pertama yang saya beli, masih bisa saya gunakan walau sudah memasuki tahun ke 7. Pastikan setiap selesai berlatih selalu membersihkan matras Anda dengan lap basah atau disemprot pembersih matras khusus lalu di angin-anginkan supaya tetap bersih dan bebas dari jamur dan selalu higienis.

2. Blok yoga (yoga blocks)
Kali pertama Anda memulai berlatih yoga, banyak postur yang mungkin terasa sulit untuk dilakukan. Menggunakan blok yoga bisa membantu Anda dalam berbagai pose yoga yang belum Anda kuasai. Kiat memilih blok yoga bisa dengan membandingkan bahan dan beratnya, biasanya blok ada yang terbuat dari busa tebal (foam), serpihan kayu (cork), dan kayu (wooden). Perbedaan dari bahan pembuat blok tersebut biasanya juga mempengaruhi berat (kg) dari blok yoga yang Anda pilih. Semakin berat blok yoga Anda, semakin stabil blok yoga bisa menjadi support bagi latihan Anda.

3. Yoga strap
Selain blok yoga, menggunakan yoga strap akan membantu latihan Anda, terutama bila Anda merasa kurang fleksibel dalam beberapa posisi duduk (sitting poses). Anda bisa gunakan tali pendukung ini untuk menyempurnakan postur Anda, karena strap bisa membantu menahan posisi tangan dan kaki supaya tidak berubah. Ada 2 jenis strap yang bisa Anda pilih, yaitu strap belt yang bentuknya memanjang seperti ikat pinggang dan strap dua lingkaran (infinity strap) pastikan bahan strap terbuat dari kain tebal yang tidak menggores kulit Anda.

4. Gadgets alias perangkat elektronik
Bukan berarti saya menyarankan Anda untuk tetap online atau sibuk dengan perangkat elektronik Anda saat berlatih yoga, namun saya paham sering kali kehidupan kita tak bisa dipisahkan dari perangkat elektronik, dan gadgets Anda justru bisa sangat bermanfaat bila digunakan dengan tepat. Saya sarankan Anda matikan koneksi telepon supaya Anda tidak terganggu dengam panggilan telepon. Dan bila Anda punya tablet, perangkat elektronik ini akan lebih bermanfaat karena layarnya yang lebih besar bisa digunakan untuk menjadi pemandu dalam melihat pose-pose yoga atau rangkaian latihan yoga Anda. Atau bahkan, Anda bisa mengakses video yoga online dari guru-guru yoga ternama di dunia, dan seolah-olah berlatih langsung dipandu oleh guru ternama tersebut.

Selain itu bila Anda hubungkan hape atau tablet Anda dengan mini speaker, Anda juga bisa tambahkan musik pengiring yang sesuai untuk latihan Anda dan mengikuti mood Anda. Misalnya, jika Anda memulai dengan latihan pernapasan atau meditasi, maka Anda bisa pasang musik easy listening yang membantu relaksasi. Atau bila Anda sedang berniat melatih core muscle Anda langsung saja pasang musik yang upbeat untuk latihan yoga Anda. Selain menyenangkan hati, musik juga membuat latihan yoga Anda tak monoton.

5. Botol air
Benda ini penting untuk Anda miliki baik saat berlatih yoga di rumah maupun di studio. Selain untuk menghindari dehidrasi sehabis berlatih yoga, botol atau tumbler berisi air juga membuat Anda hemat sampah plastik dibandingkan jika Anda membeli air mineral dalam botol plastik. Membiasakan diri minum dari botol air Anda sendiri juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan, karena artinya Anda akan selalu ingat untuk mengisi ulang botol air Anda. Semakin sering mengisi botol, semakin meningkat asupan air dalam tubuh Anda. Target 2 liter air sehari bukan lagi masalah. Bayangkan, berlatih yoga juga membantu Anda meningkatkan kebiasaan-kebiasaan baik bagi kesehatan Anda!

Mudah-mudahan uraian perlengkapan pendukung latihan di atas bisa membuat latihan yoga Anda di rumah tak kalah seru dari berlatih yoga di studio!

** Dian Sonnerstedt adalah instruktur yoga profesional yang aktif mengajar beragam jenis yoga dari Hatha, Vinyasa, Yin, dan Prenatal Yoga baik untuk kelas privat, perkantoran, maupun di@Yoga42 Senayan, Jakarta. Dian saat ini terdaftar di YogaAlliance.org dan bisa dihubungi langsung melalui instagramnya, @diansonnerstedt.