Health Lifestyle

5 tanda awal kehamilan yang perlu diketahui

Tes-kehamilan.jpg

Tidak hanya sebagai kebutuhan semata, berhubungan intim bersama pasangan juga menjadi cara untuk mewujudkan harapan untuk mempunyai momongan guna melengkapi kehidupan rumah tangga.

Setelah berhubungan intim, kita pasti bertanya-tanya, “kira-kira kapan saya bisa merasakan kehamilan? Bagaimana tanda-tandanya?”.

Meskipun cara umum yang sering orang lakukan untuk mengetahui apakah hamil atau tidak itu dengan tes kehamilan, kehamilan juga bisa dikenali dengan tanda-tanda awal berikut:

1. Terlambat Menstruasi

Tanda yang paling umum untuk menduga seorang wanita itu hamil adalah karena terlambat menstruasi atau telat haid. Tetapi, faktor ini juga tidak bisa disebabkan karena dia hamil saja, bisa juga karena perubahan siklus menstruasinya yang tidak teratur.

2. Mengalami Pendarahan Implantasi

Faktor lain yang menjadi tanda awal kehamilan, menurut Baby Center, yaitu pendarahan pada vagina yang tidak teratur atau spotting. Pendarahan ini juga bisa disebut sebagai pendarahan implantasi. Pendarahan implantasi terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi, menempel di lapisan rahim. Meski sel telur tersebut menempel pada lapisan rahim, Anda tidak perlu merasa khawatir. Gejala ini sangat normal dan seringkali dialami banyak wanita saat akan mengandung. Hasil pengamatan mengatakan bahwa dari seperempat wanita yang mengalami kehamilan, hanya sekitar 3 persen wanita yang teridentifikasi mengalami pendarahan implantasi sebagai tanda awal kehamilannya.

3. Morning Sickness

Istilah morning sickness diartikan sebagai mual dan muntah yang dialami oleh beberapa wanita di masa awal kehamilan. Mual dan muntah yang dialami pun tidak hanya di pagi hari saja, tetapi bisa terjadi kapan saja atau sepanjang hari, bahkan pada malam hari. Hal ini biasanya terjadi pada saat mengandung anak pertama atau pernah mengalami morning sickness sebelumnya. Menurut Baby Center, morning sickness biasanya dimulai saat beberapa bulan setelah pembuahan, tetapi ada juga beberapa wanita yang mengalaminya saat usia dua minggu kehamilan.

4. Cepat Lelah dan Mudah Sesak Nafas

Cepat merasa lelah dan menjadi mudah sesak nafas juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. Menurut Baby Center, kelelahan yang terkait dengan tanda awal kehamilan mungkin akibat dari peningkatan hormon progesteron, yang berperan dalam menginduksi kantuk. Parenting.com melaporkan bahwa sesak nafas mungkin terjadi karena kebutuhan oksigen yang meningkat untuk bayi yang sedang tumbuh di dalam kandungan.

5. Lebih Sering Buang Air Kecil

Buang air kecil lebih sering dari biasanya juga bisa menjadi tanda awal kehamilan karena perubahan hormonal dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke ginjal. Hal ini akan terus berlangsung selama masa kehamilan karena bayi akan terus memberikan tekanan pada kantung kemih.