Health Lifestyle

Makanan sehat untuk otak hebat

Asupan-otak.jpg

Banyak studi yang menemukan bahwa nutrisi tertentu dapat mempengaruhi otak secara positif, khususnya pada daerah otak yang berhubungan dengan pengolahan atau perasaan dan emosi kognitif. Secara umum jika mengikuti diet sehat untuk otak, maka akan menyebabkan aliran darah yang kuat, pemeliharaan ketajaman mental serta akan mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer dan demensia.

Tidak hanya jantung, otak pun perlu nutrisi yang lengkap dan seimbang agar dapat berfungsi secara optimal.Terdapat beberapa makanan penting yang berguna sebagai nutrisi otak. Biasanya dikenal dengan istilah, “brain food”.

Berikut adalah makanan yang termasuk brain food:

Salmon
Ikan dari lautan dalam ini memiliki asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) yang berperan bagi perkembangan dan pertumbuhan fungsi otak. Dengan mengonsumsi salmon, pikiran akan lebih tajam dan kemampuan berpikir lebih optimal. Selain bermanfaat untuk otak, salmon juga cocok sebagai makanan sehat untuk diet karena kadar lemak yang rendah.

Buah berry
Menurut sebuah riset, buah berry ternyata cukup efektif untuk meningkatkan daya ingat dan menunda penyakit pikun. Buah berry seperti strawberry, blueberry, raspberry ini memiliki antioksidan yang tinggi dan juga kaya vitamin C.

Pumpkin seed
Biji labu kaya akan zinc yang mampu meningkatkan daya ingat dan daya pikir. Kelompok biji-bijian ini juga mengandung magnesium, vitamin B, dan tryptophan yang berfungsi sebagai hormon perangsang tidur. Jadi jika Anda memiliki kesulitan tidur, mengonsumsi biji labu dapat merangsang Anda untuk segera terlelap.

Susu
Segala jenis makanan olahan susu (dairy food) cenderung mengandung vitamin B dan tinggi protein. Nutrisi tersebut mampu membantu pertumbuhan enzim, jaringan otak, dan juga neurotransmitter. Jika Anda alergi dengan produk susu sapi, gantilah dengan susu dari bahan kacang-kacangan seperti almond atau kacang mede. Jangan khawatir, Gorry Gourmet sudah menyediakan produk susu dari bahan kacang (nut milk) hanya untuk Anda.

Gandum
Gandum murni dapat memberikan suplai glukosa dari tubuh untuk otak. Karena serat di dalamnya dapat membantu mengatur pelepasan glukosa yang ada di tubuh. Tak hanya itu, gandum juga mengandung vitamin B yang dapat memelihara sistem saraf.

Daging sapi non lemak
Selain berguna sebagai makanan sehat untuk diet, daging sapi non lemak ini juga memiliki fungsi penting untuk otak. Di dalamnya terkandung zat besi yang dapat membantu konsentrasi pikiran. Zinc yang dapat meningkatkan daya ingat pun terdapat dalam daging sapi non lemak. Konsumsi daging sapi non lemak dengan seimbang agar tidak berlebihan, seperti pada menu yang sudah diatur oleh Gorry Gourmet.